Gift from Granny

Tidak ada gift langsung lewat oma ,  panggilan terhadap nenek (nanny) saya.
Karena beliau meninggal saat saya masih berupa janin tujuh bulan.
Namun berdasarkan cerita mama,
Oma kerap menyanyikan lagi Nina bobo,agar mama dan saya bisa tenang beristirahat, mengingat mama saat hamil, sangat moody.
Kurang lebih begini lirik lagu nina bobo yang dinyanyikan dalam bahasa Belanda:

Slaap meisje, oh slaap, meisje (tidurlah gadis, oh tidur, gadis)

als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat seekor nyamuk)

Selain itu, yang menarik dari lagu ini adalah cerita dibalik terbuatnya lagu tersebut. Banyak orang yang percaya bahwa lagu nina bobo ini dibuat oleh seorang ibu untuk anaknya yang susah tidur, tapi kemudian anaknya itu meninggal karena terserang demam yang hebat.

Cerita lainnya, dulu ada seorang anak perempuan blasteran Belanda dan Jawa. Ayahnya yang seorang Belanda bernama Vand Rodjnik, dan ibunya yang asli Jawa bernama Mustika. Anak ini bernama Helenina Mustika Van Rodjnik, dan biasa dipanggil Nina. Sejak masih bayi anak yang lahir pada tahun 1871 ini kabarnya susah sekali untuk tidur. Kalau waktu tidur tiba, Nina malah menangis bukannya tidur. Segala cara dilakukan oleh ibunya agar anaknya ini bisa tidur. Salah satu caranya dengan bersenandung kecil untuk memancing Nina agar cepat tidur. Tak disangka cara ini ternyata berhasil, dan lama kelamaan Nina jadi terbiasa dengan lagu tersebut. Bahkan, Nina tidak bisa tidur jika lagu tersebut belum dinyanyikan oleh ibunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Scroll to top